Ikat Nasionalisme Penduduk Pulau Terluar dengan Upacara Bendera

Banyak penduduk Indonesia yang mendiami pulau-pulau terluar. Tempat tinggal mereka bahkan lebih dekat dengan negara lain. Bagaimana cara mengikat rasa kebangsaan mereka?

"Salah satunya, setiap 17 Agustus kami melakukan upacara bendera," kata Direktur Pemberdayaan Pulau-pulau Kecil dan Terluar Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) Toni Ruchimat.

Toni mengatakan itu dalam diskusi bertajuk 'Menjaga Bumi dan Budaya Indonesia' di Warung Daun, Jl Pakubuwono 10, Jakarta Selatan, Sabtu (29/8/2009).

Menurut Toni, tradisi upaca setiap hari kemerdekaan RI itu telah dilakukan sejak tahun 2006 yang lalu. Dengan cara tersebut, masyarakat di pulau terluar akan merasa dperhatikan sebagai bagian bangsa Indonesia.

Toni menjelaskan, Indonesia mempunyai 92 pulau terluar. 33 Di antaranya pulau yang memiliki penduduk.

Selain upacara bendera, cara lain untuk mempertahankan nasionalisme penduduk di pulau terluar adalah dengan terus menerus berhubungan dengan mereka. Perekonomian pun harus dikembangkan di wilayah tersebut.

"Kita banyak membangun infrastruktur dari berbagai aspek, termasuk security. Security menyangkut masalah kedaulatan. Kita minta bantuan TNI untuk menjaga pulau-pulau terluar itu," pungkasnya

0 komentar: