Indonesia Bisa Jadi Rujukan Sawit Dunia

Sebagai produsen minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO) terbesar di dunia, seharusnya Indonesia dapat berperan penting dalam proses transformasi industri kelapa sawit melalui inovasi teknologi hulu maupun hilir.

Diprediksi, Indonesia akan mengalami banjir produksi CPO hingga 22 juta ton minyak kelapa sawit pada 2010. dari jumlah tersebut yang diserap pasar domestik hanya sebesar 4,4 juta ton, 15 juta ton lainnya untuk di ekspor.

"Ramalan ini bisa saja tidak terjadi, karena faktor El Nino yang akan menurunkan produksi," ujar Direktur Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Witjaksana Darmosarkoro dalam konferensi pers peluncuran International Oil Palm Conference (IOPC) 2010, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (26/8).

Dengan potensinya yang demikian besar, PPKS berupaya menempatkan Indonesia sebagai rujukan pengembangan sawit dunia. Saat ini Indonesia memiliki lebih dari tujuh juta hektare (ha) perkebunan kelapa sawit dengan produksi tahunan lebih dari 18 juta ton per tahun.

Salah satu upaya itu adalah melalui penyelenggaraan event internasional seperti halnya IOCP 2010 yang dilakukan setiap empat tahun sekali. IOPC 2010 mendatang akan dilaksanakan di Yogyakarta.

Dalam acara ini akan diselenggarakan pula pameran industri kelapa sawit dan pendukungnya dengan peserta diperkirakan lebih dari 150 perusahaan, di 130 booth dengan seribu peserta dari dalam negeri maupun luar negeri.

Adapun agenda utama IOPC 2010 adalah paparan para pakar kelapa sawit dari Afrika, Eropa, Asia, Amerika Selatan dan negara-negara produsen dan konsumen CPO akan memaparkan inovasi teknologi terbaru mereka di bidang budidaya, diversifikasi produk hilir, sosial ekonomi, pemasaran, dan masalah lingkungan di industri kelapa sawit.

1 komentar:

  1. memang sudah waktunya indonesia menjadi acuan untuk komoditas sawit..lha wong kita ini negara penghasil sawit terbesar di dunia kok harganya ditentukan di rotterdam..kan nggak lucu dong...

    waktunya Indonesia Bangkit dan tunjukkan pada dunia..

    http://main-conspiracies.blogspot.com/2009/08/jews-who-dominate-computer-world.html