Pemerintah Kirim Tim Terpadu ke Mentawai

Mardiyanto mengapresiasi masyarakat yang menunjukkan penolakan penjualan tiga pulai itu.

Kasus penjualan tiga pulau di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, terus memancing reaksi. Namun pemerintah sudah berencana mengirimkan tim ke Mentawai untuk mengecek langsung kabar tersebut.

"Kita sudah menugaskan tim terpadu ke Sumatera Barat," kata Menteri Dalam Negeri Mardiyanto di Istana Negara, Jakarta, Kamis 27 Agustus 2009.

Penjualan pulau ini terungkap dari situs privateislandsonline.com. Dalam laman yang melayani jual beli pulau-pulau di berbagai belahan dunia, tercantum nama tiga pulau Indonesia yang terdaftar akan dijual, yaitu Pulau Macaroni, Pulau Siloinak, dan Pulau Kandui. Ketiganya terdata di bawah judul 'Islands for Sale in Indonesia'. Ketiga pulau tersebut masuk dalam gugusan Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat.

Pulau Macaroni seluas 15 hektar ditawarkan dengan harga 4 juta Dollar AS, Pulau Siloinak seluas 24 hektar ditawarkan dengan harga 1,6 juta Dollar AS, dan Pulau Kandui seluas 26 hektar ditawarkan dengan harga 8 juta Dollar AS.

Mardiyanto menjelaskan, kepergian tim terpadu ke Kepulauan Mentawai adalah untuk mengecek langsung lokasi yang disebutkan dijual ke pihak asing. "Kalau tidak ke sana, bisa salah interpretasi nantinya," ujarnya.

Mardiyanto pun mengapresiasi masyarakat yang telah menunjukkan penolakan penjualan tiga pulau tersebut. "Banyaknya tanggapan masyarakat yang menolak penjualan tiga pulau itu menunjukkan ciri nasionalisme kita," ujarnya.

Ketiga pulau tersebut dipromosikan sebagai destinasi surfing (selancar) terkenal karena ombaknya yang terbaik di dunia. Keindahan ketiga pulau itu juga disebut sebagai kombinasi terbaik bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan bisnis sekaligus menikmati gaya hidup dalam satu waktu.

4 komentar:

  1. mudah2an hanya isu ya,jgn sampe dijual deh...

  2. penjualan pulau semoga hanya isu saja..kalo benar,tindakan tersebut tdk bisa ditolerir...

    http://main-conspiracies.blogspot.com/2009/08/jews-who-dominate-computer-world.html

  3. udah gawat ni kalo penjual pulau merajalela...ada apa dengan indonesia...

  4. wah jangan sampe ya...
    padahal mentawai punya keindahan alam yg eksotis ^_^